Saturday, January 7, 2017

Ajakan Minum Susu Melalui Cerita

Judul buku: Minum Susu, Yuk! (Seri Petualangan Tompi dan Tohu).
Penulis: Marisa Agustina.
Ilustrator: Ryan A. W.
Penerbit: Tiga Ananda Creative (imprint of Tiga Serangkai), Solo.
Tahun terbit: 2016 (Oktober).
ISBN: 978-602-366-205-0.
Dimensi buku: 22,6 cm x 20,1 cm.
Ketebalan: 36 halaman.


Saat membaca judulnya: Minum Susu, Yuk!, saya langsung excited dan antusias dengan ide apa yang dipakai penulisnya untuk mengajak anak supaya minum susu. Ditilik dari bentuknya yang pictorial book, dengan sedikit tulisan dan banyak gambar, buku ini tepat bagi anak usia balita dan awal-awal sekolah dasar.

Cerita diawali dengan perkenalan sosok Tompi Tempe dan Tohu Tahu (halaman 4):
Tompi Tempe dan Tohu Tahu adalah dua pahlawan kesehatan. Ke mana-mana mereka selalu bersama. Mereka mencari anak-anak yang suka makan makanan tidak sehat.

Kedua tokoh cerita ini digambarkan sebagai sosok-sosok kotak berpakaian super hero. Hm, sosok super hero mudah menarik minat anak-anak. Jangankan anak-anak, saya saja penasaran mengikuti jalan cerita buku Minum Susu, Yuk! ini.

Tompi dan Tohu menemui seorang anak perempuan bernama Amel pada suatu pagi. Alih-alih minum susu, Amel malah minum sekaleng besar soda saat sarapan. Sebagai orag dewasa, saya menebak kalau Tompi dan Tohu nantinya akan mendampingi Amel hingga dia mau meminum susu. Nah, saat-saat medampingi Amel itulah bagian menarik lainnya dari buku ini.

Penulis menyiapkan alur cerita dengan baik. Tompi dan Tohu tidak digambarkan sebagai sosok yang menggurui. Pun tidak ada pemakaian kata-kata negatif. Jalan cerita mudah dicerna oleh logika anak.

Setiap lembar buku penuh dengan warna-warna ceria yang menarik mata. Ilustrator mampu menggambarkan dengan tepat isi cerita. Hanya ada sedikit ganjalan. Pada halaman 4 digambarkan ada segelas susu, segelas jus, dan sebotol air. Sementara pada halaman 7, ada segelas jus, sebotol air ditambah segelas soda dan sekaleng soda. Pertanyaannya: ke mana segelas susu tadi? Bukan hal besar, sih tapi buat anak-anak yang jeli, hal tersebut bisa agak mengganggu.

Anyway, apresiasi sebesar-besarnya untuk penerbit, ilustrator, dan penulis buku Minum Susu, Yuk! Anak-anak kita memang butuh buku yang mengajak kepada pola hidup sehat di tengah-tengah bermunculannya berbagai macam jenis makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan. Singkat kata, buku ini highly recommended buat anak-anak Indonesia!


Makassar, 7 Januari 2016


Baca juga resensi buku-buku karya Marisa Agustina yang lain:

2 comments:

  1. Tokoh ceritanya ini, bikin aku senyum senyum, koleksi bukuku banyak sampai tidak sempat mereview. Kadang binung mana duluan yang mau aku review. Stock artikel menumpuh seh.

    ReplyDelete
  2. ini buku tampaknya sangat special buatku, mengajak minum susu lewat cerita

    Wow! Bun bukunya sudah banyak yang terbit ya ...
    Selamat ya

    ReplyDelete