Monday, January 11, 2016

3 Kata Ajaib Ini Bisa Meluluhkan Hati

Judul: 3 Kata Ajaib
Penulis: Marisa Agustina
Penerbit: Tiga Ananda (imprint Tiga Serangkai)
ISBN: 978-602-366-088-9
Editor: Hariyadi
Ketebalan: 60 halaman
Dimensi ±23 cm x 19 cm

Ada 3kata ajaib dalam hidup ini yang bisa bikin banyak orang tersentuh dan tergerak. Apa itu? Ketiga kata itu adalah MAAF, TERIMA KASIH, dan TOLONG.


Saya pernah, lho menolak permintaan seorang perempuan HANYA KARENA dia tak memakai kata “TOLONG”. Saya setega itu karena ada alasannya. Ya bagaimana, diperintah-perintah, tanpa dibayar untuk kepentingan duniawi seseorang, berkali-kali lagi, kan membuat kita merasa konyol. Dia tak menanyakan kesediaan saya dulu. Juga tak menanyakan apakah saya sedang sibuk atau tidak. Seenaknya saja memerintah. Kalau pakai kata TOLONG masih bisa dipertimbangkan. Lah, ini tidak. Ngapain dituruti, kan?

Begitu pun dengan kata MAAF dan TERIMA KASIH. Dua kata ini begitu ajaib akibatnya. Tanyakanlah pada para ibu. Sebandel-bandel bagaimana pun anak-anak mereka, ketika kata MAAF dan TERIMA KASIH terucap dengan polos dari bibir anaknya, sang ibu pasti langsung luluh.

Aktivitas bersifat edukatif: mengelompokkan balok
Nah, ketiga kata ini tidak begitu saja dengan mudah mampu diucapkan seorang anak, bahkan orang dewasa sekali pun. Kalau tak terbiasa, bahkan kita pun – orang dewasa, tak bisa mengucapkannya dengan ringan. Itulah makanya, penting bagi anak-anak, sedini mungkin diajar mengutarakan ketiga kata ajaib ini. Orang dewasa sering excuse (memaklumi) anak-anak yang tak terbiasa dengan ketiga kata ini namun itu tak benar. Anak-anak harus diajar. Caranya adalah dengan langsung mencontohkannya. Bisa juga ditambah dengan bercerita kepada anak.

Contohnya seperti yang diceritakan penulis di buku 3 Kata Ajaib ini. Andi, Rio, dan Badu, dalam 3 kisah terpisah membuat teman-temannya jengkel. Namun akhirnya mereka bisa belajar dengan cara yang natural. Ini bisa dibaca dalam kalimat-kalimat mengalir yang disusun oleh penulis. Anak-anak perlu belajar dari cerita Andi, Rio, dan Badu.

Aktivitas edukatif lainnya di buku 3 Kata Ajaib
Ilustrasi buku pun tak kalah menariknya. Selain itu ada aktivitas-aktivitas menarik yang bisa dilakukan anak sembari membaca buku. Anak bisa belajar mengelompokkan mainan (halaman 11) dan beberapa aktivitas edukatif lainnya.

Sayangnya, lembar-lembar kertas yang menyusun buku tak menyatu dengan kuat. Baru dibuka, buku milik Kak Heru itu sudah nyaris terlepas. Lho, milik Kak Heru? Haha iya, bukunya saya pinjam dari Kak Heru di tempat Athifah – putri saya Athifah berlatih bersama anak-anak komunitas Rumah Dongeng binaan Kak Heru. Itu saja, sih kurangnya. Selebihnya ... keren sangat.

11 comments:

  1. Trima kasih kak Niar, meski bukunya punya Bona tapi dikau berkenan menulis reviewnya. Kecabut mungkin gara-gara Bona terlalu semangat baca? Coba tanya ayahnya, Kak Heru hihihi ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, barangkali Bona sambil gigit2 ujung bukunya hahaha.

      Eh, banyak mi orang saya pengaruhi itu, nah. Ada komisinya toh? *Plak* :D

      Delete
  2. Buku kayak gini jadi buku favorit ane masa kecil :D
    ya kurang lebih isinya sama, cuma kalau dulu lebih simpel sih.. Hehehehe

    ReplyDelete
  3. Mbak sepertinya buku itu menarik sekali :)

    ReplyDelete
  4. 3 kata yang pendek mempunyai makna yang sangat luas..

    ReplyDelete