Sunday, August 14, 2016

Kisah Hebat yang Memperkaya Wawasan Keislaman

Judul buku: Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya.
Penulis: Astri Damayanti.
Penerbit: Qibla, imprint Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Tahun terbit: 2016
ISBN: 978-602-394-139-1
Jumlah halaman: vi + 266 halaman.

Ilustrasi pada buku cerita anak selalu saja mendukung cerita yang disampaikan. Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya ini sangat menarik mata dan mendukung penyajian ceritanya. Saya saja tertarik melihat-lihat isinya, apalagi anak-anak.



Buku ini adalah buku cerita anak kedua yang ditulis oleh oleh Mbak Astri Damayanti yang saya baca. Buku setebal 266 halaman ini terdiri atas 87 cerita pendek yang mudah dimengerti anak. Jangankan buat anak-anak. Menurut saya, nih, buat kita – orang dewasa pun, perlu membaca buku cerita anak seperti ini, untuk menyegarkan ingatan. Jujur saja, ketika membaca buku ini, saya kembali menyegarkan ingatan mengenai kisah-kisah Rasulullah SAW dan kisah-kisah ajaib lainnya. Bahkan bukan tidak mungkin, ada kisah yang baru kita tahu setelah membaca buku cerita anak.

Misalnya saja beberapa cerita yang saling menyambung: Ketika Nabi Ibrahim AS Lahir (halaman 146), Air Susu untuk Nabi Ibrahim AS Kecil (halaman 149), Nabi Ibrahim AS Kecil dan Berhala (halaman 152), dan Nabi Ibrahim AS Kecil Mencari Tuhan (halaman 155). Kisah-kisah ini bahkan bersambung dengan kisah pada masa berikutnya, mengenai Nabi Ismail AS. Melalui kisah-kisah itu, kita bisa mengingat kembali kisah hidup Nabi Ibrahim AS.

Kesemua kisah dalam buku ini menarik untuk disimak karena pendek-pendek. Beberapa kisah lebih berupa informasi sejarah mengenai kisah ajaib yang pernah terjadi. Contohnya adalah kisah Seekor Burung dari Patung (halaman 254). Kisah ini menceritakan tentang Nabi Isa AS yang diberi mukjizat oleh Allah SWT berupa kemampuan menyembuhkan orang buta, menghidupkan orang mati, dan menghidupkan burung yang berasal dari patung tanah liat. That’s it. Itu saja, tidak ada selipan nilai-nilai moral. Bagi saya, itu tak soal karena informasi yang dikemas dalam buku anak seperti itu tetap menarik, apalagi ada ilustrasi di antaranya.

Namun ada satu cerita yang menimbulkan tanda tanya bagi saya. Biasanya buku anak menghindari kisah mengenai kematian yang tidak mengenakkan, buku ini justru menuliskannya dengan cukup gamblang pada kisah berjudul Tiga Orang Tawanan (halaman 128). Bagian akhir kisah menuturkan tentang tawanan yang dihukum dengan cara dimasukkan ke dalam kandang singa. Tawanan itu akhirnya mati dengan tubuh hancur dicabik-cabik oleh singa.


Satu hal yang saya apresiasi adalah terlihatnya satu keinginan penulis untuk menjauhi konflik. Di dalam kisah Tiga Orang Tawanan ini, disebutkan bahwa pada Perang Salib, banyak kaum muslim yang ditangkap dan dijadikan tawanan, lalu mereka dipaksa menganut agama “selain Islam”. Penulis tidak menyebutkan secara spesifik nama agama yang dimaksud.

Masih dalam kisah ini, satu kesalahan yang lolos dari editing, agak mengganggu saya. Yaitu pada penulisan kata “di hukum mati”. Seharusnya dituliskan “dihukum mati”. Kata “dihukum” seharusnya ditulis bersambung, bukannya terpisah karena merupakan bentuk kata kerja pasif, bukan kata depan (halaman 129).

Ada satu hal yang ingin saya usulkan kepada penulis sekiranya buku ini dicetak ulang. Pada kisah Kelahiran Nabi Ismail AS (halaman 158), saya berharap ada hal penting ditambahkan pada bagian kisah ketika Nabi Ibrahim AS meninggalkan Siti Hajar di padang pasir yang tandus dan sunyi. Hal penting yang saya maksud itu adalah ketika Siti Hajar mempertanyakan kepada Nabi Ibrahim, apakah hal itu perintah Allah. Maka ketika mengetahui Allah yang memerintahkan Nabi Ibrahim untuk meninggalkannya dengan bayinya di sana, Siti Sarah pun menjadi tenang. Hal ini penting untuk mengajarkan tauhid kepada anak-anak. Bahwa, dengan hanya mengingat dan bergantung kepada Allah-lah hati menjadi tenang. Dan bahwa Allah tidak akan membebani manusia sesuatu hal di luar batas kesanggupannya.

Hm, jadi berpikir, apakah ada buku cerita anak yang memuat kisah-kisah yang bisa mengajarkan/menekankan tauhid kepada anak, ya? Kisah Maryam, ibunda Nabi Isa AS bisa dimasukkan juga, lho. Tepatnya kisah ketika Maryam merasa nyaris frustrasi menjelang proses melahirkan bayinya. Saat itu, keyakinannya kepada Allah lah yang membuatnya tegar kembali.

Oya, satu usulan lagi, saya berharap ada pengelompokan pada kisah-kisah dalam buku ini agar lebih rapi. Ada bab-bab besar, semisal bab khusus kisah Nabi Muhammad SAW, bab khusus kisah nabi-nabi lainnya, dan bab khusus kisah-kisah ajaib hewan.

Yah, begitulah pembaca yaa, bisanya mengkritik dan berkomentar. Bagaimana lagi, tujuan adanya blog ini, ya seperti itu. Buat Mbak Astri, anggap saja tulisan ini sebagai kenang-kenangan dari saya, ya. Mohon maaf bila ada yang tak berkenan J

Makassar, 14 Agustus 2016

Simak juga resensi dari buku karya Mbak Astri yang lain:

14 comments:

  1. Replies
    1. Sama2 Mbak. Terima kasih sudah membaca

      Delete
  2. Belum punya bukunya, tapi bisa jadi referensi buat bacaan anak. Makasih, mbak resensi bukunya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak. Terima kasih sudah membaca

      Delete
  3. reviewnya keren... thanks ya buat reviewnya... siipppp josss

    www.qurban-aqiqah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mas. Terima kasih sudah membaca

      Delete
  4. Eh kak astri buku nya dah banyak yaaaa

    ReplyDelete
  5. isinya menarik, menambah perbendaharaan cerita islami

    ReplyDelete
  6. Ini hard cover ya? Harganya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan har cover koq, Mbak
      Mengenai harga, saya tidak tahu persis harganya
      *ketahuan bukan beli sendiri hihihi*

      Delete
  7. Bukunya bisa buat anakku ini mbaa..buku kisah nabi aku paling suka waktu kecil :)

    ReplyDelete